Analisa Peran Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di BPVP Bandung Barat)

  • Rais Rouful Malik
  • Robbi Zidni Ilma Universitas Teknologi Digital
Keywords: Sumber Daya Manuasia,Pelatihan,Kompetensi

Abstract

Tujuan_Tuntutan industri yang semakin kompleks serta perkembangan teknologi yang pesat menciptakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja. Fenomena ini memunculkan kesenjangan keterampilan yang signifikan antara kapasitas yang dimiliki oleh tenaga kerja saat ini dan tuntutan yang diperlukan oleh pasar kerja. permasalahan utama yang dihadapi adalah sejauh mana pelatihan berbasis kompetensi perperan dalam pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu penelitian ini akan mendalami peran pelatihan berbasis kompetensi serta mengidentifikasi dampaknya pada kinerja dan pencapaian tujuan idividu maupun organisasi.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan model analisis data triangulasi Miles and Huberman Sebagai Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Studi Kasus Di BPVP Bandung Barat.
Temuan_Pelatihan Berbasis Kompetensi yang dilaksanakan BPVP Bandung Barat memiliki peran penting terhadap pengembangan sumber daya manusia terutama dalam meningkatkan kinerja individu, kualitas tenaga kerja secara global, dan pemenuhan kebutuhan masyrakat.
Implikasi_Berdasarkan hasil pemabahasan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Peran pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di BPVP Bandung Barat memiliki peran penting terhadap pengembangan sumber daya manusia.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Rouful Malik, R., & Zidni Ilma, R. (2024). Analisa Peran Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di BPVP Bandung Barat). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 815-821. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.602