Peran Endorsement Sebagai Media Promosi Dalam Peninngkaan Penjualan Di D’Fashion Textile & Tailor Bandung

  • Sri Sulastri Universitas Teknologi Digital
  • Patria Supriyoso Universitas Teknologi Digital
Keywords: Endorsement, Media Promosi, Penjualan

Abstract

Di Indonesia, awal mula endorsement para selebriti dimulai dari Twitter sekitar tahun 2010-an, para selebriti mulai mempromosikan produk-produk online shop di akun Twitter mereka. Saat itu, sistem endorsement masih terbilang baru dan belum ada tarif yang baku. Karena itu, endorsement oleh influencer menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mempromosikan produk mereka. D’Fashion Textile & Tailor Bandung sudah melakukan endorsement kepada influencer dan selebriti terkenal, namun belum diketahui apakah penggunaan endorsement sebagai media promosi dapat meningkatkan penjualan atau tidak, dan sejauh mana peran endorsement dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk D’Fashion Textile & Tailor Bandung.
Jenis/Metode_Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuan_Proses pengolahan data menggunakan model Miles dan Huberman dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran endorsement sebagai media promosi dalam peningkatan penjualan di D’Fashion Textile & Tailor Bandung berpengaruh cukup signifikan. Karena dengan adanya endorsement, saat ini D’Fashion Textile & Tailor Bandung mengalami peningkatan penjualan hingga empat puluh persen (40%) sampai dengan lima puluh persen (50%) yang artinya endorsement sudah berperan dengan baik dan dapat dikatakan berhasil. Endorsement juga baik
dilakukan dengan jangka waktu yang panjang karena bersifat reminding kepada masyarakat.
Implikasi_Diharapkan endorsement terus digunakan D’Fashion Textile & Tailor Bandung untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, endorsement juga berperan sebagai reminding atau pengingat kepada masyarakat bahwa D’Fashion Textile & Tailor Bandung merupakan toko tekstil termurah, terbesar dan terlengkap di Bandung.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Sulastri, S., & Supriyoso, P. (2024). Peran Endorsement Sebagai Media Promosi Dalam Peninngkaan Penjualan Di D’Fashion Textile & Tailor Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 822-827. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.603