Analisis Penerapan Pelayanan E-PBB MARIOS Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung

  • Aziz Jabar Sumirat Universitas Teknologi Digital
  • Rola Manjaleni Universitas Teknologi Digital
Keywords: E-PBB MARIOS, penerapan pelayanan, efektifitas dan efisiensi

Abstract

Tujuan_Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan pelayanan E-PBB MARIOS pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung Sub Bidang Pajak Bumi dan Bangunan.
Desain/Metode_Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara dan observasi.
Temuan_Hasil penelitian disimpulkan penerapan pelayanan E-PBB MARIOS dengan teknologi berupa aplikasi berbasis website mampu menciptakan efisiensi dan efektifitas terhadap pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan. Efisiensi penerapan E-PBB MARIOS adalah mengatasi penggunaan berkas berbentuk hardfile yang mengakibatkan kinerja lebih banyak untuk merapikan berkas
sedangkan pelayanan utama terkendala. Efektifitas penerapan E-PBB MARIOS adalah mampu mengoptimalkan penyelesaian pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan dalam jumlah lebih banyak dibandingkan pelayanan secara manual.
Implikasi_Selain itu penerapan E-PBB MARIOS telah memenuhi dimensi kualitas pelayanan yang mencakup: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible. Serta dimensi electronic service quality berupa dimensi: Efficiency, Fulfillment, System Availability, Privacy, Responsiveness. Adapun penerapan E-PBB MARIOS telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penggunaanya yang mencakup: Kemudahan penggunaan, Kepercayaan, Keandalan, Isi dan Tampilan Informasi, Pendukung.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Jabar Sumirat, A., & Manjaleni, R. (2024). Analisis Penerapan Pelayanan E-PBB MARIOS Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 849-862. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.607