ANALISIS PROSES TAHAP PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PAUD AL-AMANAH

  • Lisna . Universitas Teknologi Digital
  • Mohamad Hutomo Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Implementasi Kurikulum

Abstract

Kebutuhan zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan peserta didik menyebabkan terjadinya perubahan kurikulum. Salah satu bidang sistem pendidikan yang memainkan peran penting adalah kurikulum. Kurikulum tidak hanya harus memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dicapai setiap anak, tetapi juga harus menetapkan tujuan-tujuan yang harus dipenuhi guna
memperjelas arah pendidikan. Saat ini Kurikulum Mandiri Indonesia dikembangkan sebagai pengganti Kurikulum 2013 dan peningkatan pendidikan pasca wabah Covid-19.
Tujuan_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kurikulum merdeka padaPAUD Al-amanah dan bagaimana implementasi kurikulum merdeka PAUD Al-amanah dilaksanakan.
Desain/Metode_Data yang digunakan dalam penelitian kualitatif berasal dari guru dan kepala sekolah, dokumen dan wawancara mendalam digunakan dalam teknik pengumpulan data.
Temuan_Berdasarkan temuan penelitian, PAUD Al-amanah cukup baik dalam mengembangkan kurikulum yang terorganisir dengan baik yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pemantauan, dan evaluasi. Guru menghadapi tantangan ketika menerapkan kurikulum mandiri, seperti kurangnya materi pembelajaran dan kurangnya pemahaman terhadap materi.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
., L., & Hutomo, M. (2024). ANALISIS PROSES TAHAP PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PAUD AL-AMANAH. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 863-870. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.608