ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SINAR CIMAHI

  • Siti Rohmatul Waliyah Universitas Teknologi Digital
  • Agus Alamsyah Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan dan Pelayanan Prima

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan setia. Dengan memberikan produk berkualitas baik kepada pelanggan, perusahaan akan memperoleh banyak keuntungan.
Jenis/Metode_Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Artinya melalui pengumpulan, penjelasan, dan analisis data, mendeskripsikan kondisi sebenarnya yang ada pada saat penelitian dilakukan, berdasarkan pengamatan penulis di lapangan.
Temuan_Dalam penelitian ini, peneliti membuat gambaran yang kompleks, mengkaji kata-kata, laporan rinci dari pandangan responden dan melakukan penelitian dalam situasi alamiah. Objek penelitian ini adalah analisis kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan CV. Sinar Cimahi dan subjek penelitian ini adalah Pimpinan CV. Sinar Cimahi dan pelanggan tetapnya. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yaitu melalui beberapa kegiatan analisis data yaitu sebagai berikut:  Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data (Tampilan Data),
Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification).
Implikasi_Berdasarkan hasil penelitian, kualitas produk yang baik akan menumbuhkan loyalitas pelanggan, seperti yang dilakukan oleh CV. Sinar Cimahi menawarkan produk dengan kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan Sinar Cimahi dalam upayanya mempertahankan dan mengembangkan usahanya.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Rohmatul Waliyah, S., & Alamsyah, A. (2024). ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SINAR CIMAHI. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 881-887. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.610