PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO CACA PARFUM
Abstract
Tujuan_Penelitian ini untuk meneliti hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Toko Caca Parfume. Penelitian ini juga mencakup kualitas pelayanan dan faktor - faktor yang mempengaruhi kualitas produk,kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini berfokus pada pelanggan Toko Caca Parfume di daerah Rancaekek – Majalaya Kab. Bandung.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Toko Caca Parfum. Penelitian ini akan mencakup kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yaitu pelanggan dari Toko Caca Parfume. Dua hipotesis diformulasikan dan diuji menggunakan metode PLS – SEM,
hipotesis di evaluasi dengan memeriksa path coefficient.
Temuan_Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk maupun kualitas pelayanan di Toko Caca Parfume berkontribusi positif terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien yang lebih besar adalah variabel kualitas pelayanan (X2).Artinya kualitas pelayanan memiliki
pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan dengan kualitas produk, ini karena pelanggan Caca Parfume lebih cenderung memperhatikan interaksi langsung dengan layanan daripada produk itu sendiri.
Implikasi_Penelitian ini bisa membantu Toko Caca Parfume untuk lebih meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanannya.
Tipe Penelitian_Studi empiris