Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada Hotel dan Cottages Karang Setra Bandung)

  • Fauza Nur Anzaini Universitas Teknologi Digital
Keywords: Bauran Pemasaran, Daya Saing, Hotel

Abstract

Sektor pariwisata yang semakin berkembang sangat menjanjikan bagi para pengusaha, terutama di Kota Bandung. Salah satu daya tarik wisatawan pada Kota Bandung adalah terdapat banyak monumen dan bangunan bersejarah. Perkembangan ini juga mendorong munculnya industri hotel di Kota Bandung, karena kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya hotel baru yang berdiri di Kota Bandung menciptakan persaingan bisnis yang ketat di industri hotel, sehingga menarik minat konsumen untuk memilih hotel yang terbaik. Guna meningkatkan daya saing maka hal yang harus diperhatikan dalam industri perhotelan adalah pemasaran, setiap hotel harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, Hotel dan Cottages Karang Setra Bandung harus menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saingnya dengan hotel sejenis, salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan penerapan Marketing Mix (Bauran Pemasaran).
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi marleting mix pada Hotel dan Cottages Karang Setra Bandung dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Desain/Metode_Metode pengambilan data yang dilakukan ialah melalui teknik pengumpulan data wawancara dengan pihak hotel, observasi pada lingkungan dan kondisi hotel, media sosial, media cetak serta dokumentasi yang dimiliki oleh hotel.
Temuan_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing mix pada Hotel dan Cottages Karang Setra Bandung untuk meningkatkan daya saing dengan hotel lainnya atau sejenis dengan menerapkan strategi produk yang terdapat berbagai macam jenis, strategi harga dengan menerapkan harga yang low price, startegi tempat berlokasi ditengah kota dan cukup strategis, strategi penerapan proses dengan memudahkan terjadinya proses antara hotel dan pelanggan serta strategi lingkungan fisik. Sedangkan pada aspek promosi dan people (orang) belum dikelola dengan maksimal.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Nur Anzaini, F. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada Hotel dan Cottages Karang Setra Bandung). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 941-950. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.617