ANALISIS KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA DI KANTOR DESA PAMEKARAN, KECAMATAN SOREANG, KABUPATEN BANDUNG

  • Ilham Nur Muriansyah Universitas Teknologi Digital
  • Vesti Nadari Artisti Universitas Teknologi Digital
Keywords: Sumber daya manusia, Komunikasi Internal, Etos Kerja

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dalam kehidupan, sehingga dapat saling bertukar informasi. Begitu pula komunikasi yang ada dilingkungan pekerjaan, adanya komunikasi Internal didalam sebuah organisasi yang terjalin dengan baik antar seluruh struktur organisasi akan berdampak pada meningkatnya etos kerja yang baik bagi para pegawainya. Kantor Desa Pamekaran adalah sebuah Lembaga kepemerintahan yang memiliki standar dalam mengutamakan pelayanan yang baik bagi masyarakat desa yang membutuhkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan komunikasi internal pada sumber daya manusia atau para pegawai sangat diperlukan agar etos kerja dapat ditingkatkan.
Tujuan_Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami mengenai analisis komunikasi internal dalam meningkatkan etos kerja di kantor desa pamekaran kecamatan soreang, kabupaten Bandung.
Temuan_Hasil penelitian di Kantor Desa Pamekaran peneliti menyimpulkan bahwa komunikasi internal memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan etos kerja para pegawai. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya hubungan kekeluargaan yang dijalin antara para pegawai di Kantor Desa Pamekaran. Selain itu, terpeliharanya komunikasi efektif melalui cara musyawarah memberikan dampak yang positif karena para pegawai telah diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dalam menyampaikan aspirasi dan saran berdasarkan kewajiban kerja dengan mengedepankan pelayanan untuk masyarakat.
Implikasi_Melalui hal tersebut, maka setiap hambatan yang terjadi dapat diatasi secara efektif dan diterima dengan baik, sehingga dapat terwujudnya visi dan misi yang telah ditetapkan.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Nur Muriansyah, I., & Nadari Artisti, V. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA DI KANTOR DESA PAMEKARAN, KECAMATAN SOREANG, KABUPATEN BANDUNG. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 658-969. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.619