PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH YUPPI SOREANG

Keywords: Kepemimpinan, Disiplin, Kinerja

Abstract

Meskipun pada kenyataannya sudah ada banyak sekali para ahli yang membahas topik penelitian mengenai gaya kepemimpinan dan motivasi kerja tentunya penelitian ini akan memiliki beberapa kesamaan seperti variabel, metode, dan bahkan tahun penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris sisi perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu terletak dari objek maupun lokasi
penelitian yang dipilih. Belum ada penelitian yang membahas pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru yang pernah dilakukan di Madrasah Aliyah Yuppi Soreang. Hal ini dapat tercermin dari semangat dan kesungguhan para guru dalam mengajar sehingga para murid pun cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran di sana.
Tujuan_Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MAS Yuppi Soreang” adalah
Desain/Metode_Dengan menggunakan metode kuantitatif.Subjek dan objek penelitian ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan kepala Sekolah Terhadap Disiplin kerja Guru di Madrasah Aliyah Yuppi Soreang’ adalah kepala sekolah dan seluruh guru, serta staf Madrasah Aliyah Yuppi. Hal ini berarti dalam penelitian ini pengambilan data berasal dari sampel. Berdasarkan hasil koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,444. Ini dapat diartikan bahwa nilai indikator variabel independent (X1) dan (X2) terhadap (Y) dalam model regresi adalah sebesar 44,4 % di mana ini berarti kontribusi pengaruh atau proporsi dari indikator variabel Gaya Kepemimpinan dan disiplin Kerja adalah 44,4% terhadap Kinerja Guru, dan sisanya yaitu sebesar 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Temuan_Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Yuppi dengan sampel 30 responden. Kedua variabel independen memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.
Implikasi_Dengan menerapkan saran-saran tersebut, diharapkan Madrasah Aliyah Yuppi Soreang dapat meningkatkan kinerja guru-gurunya dan pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Aldiansyah, M., & Ansen, Y. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH YUPPI SOREANG. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 970-982. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.620