Analisis Beban Kerja Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilu 2024 Di Kelurahan Pungkur Bandung Jawa Barat

  • Audry Shania Pratiwi Universitas Teknologi Digital
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini dilatarbelakangi Pemilihan umum 2024 menjadi pemilihan serentak yang kedua kalinya yang sebelumnya diadakan pada tahun 2019.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Temuan_ Hal ini menjadi beban kerja yang sangat berat dan luas bagi kelompok KPPS, karena KPPS harus melayani pemilih dengan memberikan suara 5 (lima) surat suara. Beban KPPS terjadi pada sebelum pemungutan dan penghitungan suara dan sesudahnya. Beban berat KPPS menyebabkan mereka kelelahan sehingga mengganggu proses pemungutan dan penghitungan suara, bahkan sampai ada mengalami kecelakaan kerja seperti sakit dan meninggal dunia. Perlu adanya Kecerdasan emosional penting untuk kelangsungan kegiatan karena saat perhitungan hasil suara sedang panas, seseorang dapat mengontrol emosinya untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi stress, meningkatkan empati, dan meningkatkan hubungan dengan sesama manusia.
Implikasi_ Dari hasil penelitian ini beban kerja dan kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap kinerja anggota KPPS di Kelurahan Pungkur yang berakibat terjadinya keterlambatan dalam perhitungan hasil suara, serta hasil surat suara tidak sesuai dengan pemilih DPT dan DPTb, jika kejadinya sudah seperti itu PPS mengajukan untuk melaksanakan Pemilihan ulang.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Shania Pratiwi, A. (2024). Analisis Beban Kerja Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilu 2024 Di Kelurahan Pungkur Bandung Jawa Barat. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1031-1039. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.626