Model Pengembangan Kepribadian Pramugari Dalam Meningkatkan Pelayanan Profesional (Studi pada Pramugari Garuda Indonesia)

  • Kiki Reranda Putri Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
Keywords: Citra Pramugari, Kualitas Layanan, Daya Saing

Abstract

Tujuan_Penelitian ini berusaha memahami hubungan antara faktor kepuasan pelanggan (seperti citra pramugari, kualitas layanan, kepuasan) dan perilaku. Beberapa penelitian serupa telah dilakukan dengan melihat dari perspektif wisatawan.

Metode/Desain_Metode kualitatif digunakan untuk menguji model konseptual.Narasumber dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling.

Temuan_Model akhir menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan namun terdapat hubungan yang tidak signifikan pada niat perilaku. Selain itu penelitian ini memberikan wawasan baru menunjukkan bahwa citra pramugari dan faktor kualitas layanan mempengaruhi daya saing melalui kepuasan wisatawan. 

Implikasi_Hal ini menunjukkan pentingnya citra pramugari dan kualitas layanan untuk mengukur daya saing. Penelitian ini akan berguna sebagai panduan untuk penelitian selanjutnya untuk menganalisis lebih mendalam mengenai daya saing pramugari dalam konteks pariwisata dan kepuasan pelanggan. Memahami faktor daya saing pelayanan akan membantu pelaku industri pariwisata memprediksi perilaku wisatawan dan mengembangkan strategi yang efektif agar dapat bersaing dengan maskapai lain.

Jenis Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Putri, K. (2019). Model Pengembangan Kepribadian Pramugari Dalam Meningkatkan Pelayanan Profesional (Studi pada Pramugari Garuda Indonesia). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 419 - 422. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.63
Section
Articles