Strategi Pemasaran Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Keberlangsungan Bisnis Penginapan di Sektor Pariwisata (Studi Kasus Viera Villa Dago Pakar)

  • Fahri Safarudin Universitas Teknologi Digital
Keywords: Business Model Canvas, Pariwisata, Villa, Media, Digital

Abstract

Salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki tempat strategis dalam perkembangan bisnis properti seperti villa yaitu berada dikawasan Dago Pakar. Dimana kawasan tersebut merupakan kawasan dengan dataran tinggi yang merupakan kawasan pariwisata dan juga pengembangan bisnis properti yaitu villa. Usaha di bidang ini berkaitan juga dengan perkembangan jumlah wisatawan yang
berkunjung ke Indonesia seperti hal nya dalam data berikut.
Desain/Metode_Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi langsung, wawancara, dan juga dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Business Model Canvas (BMC).
Temuan_Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Pertama, strategi yang dilakukan oleh manajemen villa dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya tidak hanya menggunakan peran media digital melainkan ada beberapa komponen lain yang sama pentingnya dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Kedua, Media yang telah digunakan dinilai cukup efektif terbukti dengan
skala peneluran pada sosial media viera, pemesanan villa yang dalam jangka waktu satu bulan bisa mencapai 20 hari bahkan rating dari customer di sosial media cukup banyak. Ketiga, peran konten digital dinilai berhasil dalam meningkatkan visibilitas villa dibuktikan dalam hasil wawancara dan pengakuan dari beberapa tamu bahwa mereka pada awalnya melihat dari konten yang berseliweran di sosial media apapun yang menunjukan villa ini, sehingga penulis dapat menilai hal tersebut berperan aktif dan berhasil. Keempat, dari hasil wawancara dan juga penerapan dari business model canvas tentunya pesaing bisnis yang sama di daerah tersebut, harga sewa rendah dengan fasilitas yang hampirsama dan juga kurangnya inisiatif untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan khusus.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Safarudin, F. (2024). Strategi Pemasaran Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Keberlangsungan Bisnis Penginapan di Sektor Pariwisata (Studi Kasus Viera Villa Dago Pakar). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1061-1068. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.630