Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Pada Klinik Pratama Sehat Budi Luhur Cimahi Selatan

  • Widya Hanifah Lutfianti Universitas Teknologi Digital
  • Wardana . Universitas Teknologi Digital
Keywords: Efektivitas; Standar Operasional Prosedur; Klinik

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah standar operasional prosedur pelayanan yang berlaku di Klinik Pratama Sehat Budi Luhur Cimahi Selatan sudah dirasa efektif oleh seluruh staf yang ada di klinik.
Desain/Metode_Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan dengan teknik analisis data dekriptif kualitatif.
Temuan_Dari hasil survei dapat diketahui bahwa staf memberikan pandangan yang positif terhadap penerapan standar operasional prosedur di klinik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Staf berpendapat bahwa SOP yang ada efektif sebagai panduan dalam melayani pasien, membuktikan bahwa SOP diterapkan dengan baik dan memberikan arahan yang jelas kepada staf.
Implikasi_SOP dianggap penting untuk mencapai tujuan pelayanan klinik karena menyediakan pedoman yang tepat untuk setiap langkah pelayanan, memastikan konsistensi dan standar pelayanan. Selain itu, SOP dirasa sangat penting karena memberikan arahan untuk meminimalkan dan mengatasi masalah yang mungkin timbul.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Hanifah Lutfianti, W., & ., W. (2024). Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Pada Klinik Pratama Sehat Budi Luhur Cimahi Selatan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1110-1120. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.635