ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Sindi Sulistiani Universitas Teknologi Digital
  • Ady Tia Ramadhan Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Puskesmas

Abstract

Tujuan_ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Batujajar.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran dan penjelasan mendalam mengenai keadaan yang diteliti terkait kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Batujajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung dengan pasien dan pegawai puskesmas Batujajar. Analisis data menurut Miles & Huberman (2014), dilakukan dengan menggunakan langkah - langkah yaitu penyajian data, reduksi data, verifikasi atau interpretasi data dan penarikan kesimpulan.
Temuan_ Kesehatan masyarakat Indonesia masih menjadi permasalahan dan persoalan bagi negara dan pemerintah dimana masyarakat yang perekonomiannya menengah ke bawah masih kesulitan mendapatkan pelayanan pengobatan. Pemerintah Kabupaten Bandung Barat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat salah satunya di Puskesmas Batujajar. Namun, upaya tersebut belum mencapai hasil optimal atau kepuasan yang diinginkan. Pasien dan keluarganya sering mengeluhkan tentang waktu tunggu yang terlalu lama untuk pelayanan administrasi, kebersihan toilet yang kurang terjaga, dan sikap kurang ramah dari beberapa petugas di Puskesmas Batujajar dan kurangnya empati terhadap pasien, serta ketidaksesuaian antara harapan pasien dan pelayanan yang diberikan.
Implikasi_ Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan pasien pada Puskesmas Batujajar sebagian besar masuk dalam kategori baik, dilihat dari aspek tangibles (ketampakan fisik), reliability (keandalan), responsivness (daya tanggap), assurance (jaminan dan kepastian), dan emphaty (empati). Namun masih ada sedikit keluhan yang didapatkan pada pasien dilihat dari aspek reliability (keandalan), responsivness (daya tanggap). Selain itu, kepuasan pasien pada Puskesmas Batujajar sebagian besar merasakan kepuasan dalam tingkat puas dilihat dari aspek responsivness (daya tanggap), assurance (jaminan dan kepastian), dan emphaty (empati). Namun ada beberapa
yang masih kurang puas dilihat dari aspek tangibles (ketampakan fisik), dan reliability (keandalan)
Tipe Penelitian_ Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Sulistiani, S., & Ramadhan, A. (2024). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1121-1128. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.636