Profil Kepribadian Elite Atlete Team Basket CLS KNIGHTS INDONESIA

  • Deanty Chandra Pertiwi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
Keywords: Kepribadian, Kepercayaan diri, Olahraga, Bola Basket

Abstract

Tujuan_Studi ini meneliti tentang kepribadian elite para atlete team basket CLS KNIGHTS INDONESIA. Peneliti akan membahas tentang karakter yang mereka tunjukkan saat bertanding didalam lapangan maupun di luar lapangan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja karakter yang ditunjukkan seorang atlet saat di dalam lapangan, terutama pada hal self-confidence dan bagaimana mereka mengendalikan emosi mereka saat menghadapi lawan di lapangan.

Metode/Desain_Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada hal ini peneliti akan melakukan wawancara dan juga observasi di lapangan, terutama saat CLS KNIGHTS INDONESIA sedang bertanding. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan kepribadian dan juga kepercayaan diri secara psikologis yang fokus pada bidang profesi atlet basket salah satu tim basket dari kota Surabaya. Terutama, apa yang membuat mereka selalu tampak percaya diri saat sedang bertanding dan saat sedang latihan. Selain kepercayaam diri, peneliti juga akan fokus terhadap pengembangan kepribadian para atlet basket CLS KNIGHTS INDONESIA tidak hanya dalam lapangan saja, melainkan saat mereka juga beraktifitas di luar lapangan. Temuan:Selain kepribadian yang menonjol dari individu tiap team, kepercayaan diri tiap member dalam team basket CLS KNIGHTS Surabaya juga sangat signifikan dalam mempengaruhi performa individual didalamnya. Salah satu contoh hal yang dapat membangun kepercayaan diri tiap individu didalamnya adalah komunikasi yang baik yang dilakukan tiap team saat didalam pertandingan.

Jenis Penelitian:_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Pertiwi, D. (2019). Profil Kepribadian Elite Atlete Team Basket CLS KNIGHTS INDONESIA. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 423 - 427. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.64
Section
Articles