Analisis Inovasi Pada Bisnis Jasa Pariwisata CV. CEMARA EDU WISATA

  • Aling Ceterina Universitas Teknologi Digital
  • Supriyadi . Universitas Teknologi Digital
Keywords: inovasi, pariwisata, wisata

Abstract

Tujuan_ Tujuan umum dari penelitian ini adalah bermaksud untuk mengetahui dan memetakan inovasi apa saja yang ada di CV. Cemara Eduwisata dan untuk mengetahui minat dari para wisatawan dalam inovasi yang telah dilakukan oleh CV. Cemara Eduwisata.
Desain/Metode_ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah,metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, upaya dilakukan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin data deskriptif, yang diungkapkan dalam bentuk laporan dan narasi. Sifat dari penelitian deskriptif adalah seorang peneliti ingin mengetahui konteks penelitiannya. sesuatu dan dst, dalam hal ini penelitiannya bersifat deskriptif, yaitu gambaran peristiwa dan yang lainnya. Dalam pendekatan deskriptif kualitatif, analisis terhadap data yang diperoleh (baik berupa kata-kata, gambaran, atau tindakan) dilakukan dengan memberikan uraian atau penjelasan, bukan diungkapkan dalam bentuk angka atau angka statistik. Suatu situasi atau kondisi yang berbentuk narasi naratif. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah peneliti mewawancarai langsung kepada pemilik usaha di sektor jasa pariwisata untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan sebagai landasan bagi perusahaan tersebut yang diteliti, gambaran umum tentang hal itu.
Temuan_ Hasil analisis menunjukkan berdasarkan bentuk inovasi produk yang ditawarkan, dan dimiliki oleh CV. Cemara Edu Wisata , maka yang dilakukan oleh pihak dari CV. Cemara Edu Wisata yaitu, dengan mengeskplor wisata alam atau sebuah tempat menjadi objek wisata yang tak sekedar hanya travelling. Kemudian perkembangan produk usaha yang dilakukan hingga sekarang oleh CV. Cemara Wisata yaitu, berinovasi dengan trend yang ada dengan perkembangan arus zaman seperti dengan musikalisasi puisi atau mini teater untuk pertunjukkan yang dilakukan para pemandu wisata terhadap konsumen.
Implikasi_ Hasil penelitian ini diharapkan Sebagai suatu masukkan agar memperbaiki kinerja perusahaan dalam menciptakan inovasi layanan jasa pariwisata sehingga menghasilkan layanan yang efektif bagi para wisatawan. Dan agar memiliki inovasi yang lebih baik lagi untuk kedepannya.
Originalitas_ Melakukan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan jurnal ilmiah dan artikel serta melakukan pengamatan langsung pada tempat penelitian yaitu, CV. Cemara Edu Wisata dan melakukan observasi serta pengamatan terhadap perusahaan.
Tipe Penelitian_ Kualitatif Deskriptif

Published
2024-07-30
How to Cite
Ceterina, A., & ., S. (2024). Analisis Inovasi Pada Bisnis Jasa Pariwisata CV. CEMARA EDU WISATA. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1154-1159. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.640