ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN POLI UMUM PADA PUSKESMAS SOREANG
Abstract
Tujuan_Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Soreang terhadap pasien poli umum. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif.
Desain/Metode_Metode penelitian deskriptif yaitu menganalisis peristiwa peristiwa yang terjadi selama penelitian berlangsung.
Temuan_Hasil penelitian berdasarkan penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan poli umum di Puskesmas Soreang dinyatakan cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian positif terhadap lima dimensi utama kualitas pelayanan, yaitu tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Meskipun secara umum pelayanan sudah sangat baik, terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti peralatan yang belum terpenuhi ketersediaan yang harus di atas 80% sesuai dengan permenkes 43 tahun 2019, waktu tunggu yang masi relatif lama yang menyebabkan artian semakin panjang pada saat jam sibuk serta sikap petugas medis yang
kurang menunjukan sikap ramah sehingga membuat pasien kurang nyaman.
Implikasi_Hasil penelitian ini diharapkan Puskesmas Soreang dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan di poli umum sehingga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pasien dengan lebih baik. Penulisan ini menggabungkan wawancara mendalam dengan tenaga medis dan pasien untuk mendapatkan gambaran yang konprehensif tentang pengalaman dan kepuasan pasien, serta pelayanan yang diberikan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris