Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial

  • Dewi Andriany Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutia Arda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Media Sosial, Impulse Buying, Millenial

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap impulse buying khususnya pada generasi millenial.

Metode/Desain_Formula Lemeshow digunakan untuk populasi yang tidak diketahui, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 98 orang dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk melalui media sosial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.

Temuan_Hasil uji parsial dan simultan menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada generasi millenial. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media sosial memberikan variasi terhadap impulse buying sebesar 70,1%. Dilihat dari analisis deskriptif diketahui bahwa kemudahan konsumen dalam mendapatkan informasi produk yang mendorong perilaku impulse buying semakin tinggi. Hal ini dapat digunakan para penjual online di media sosial untuk semakin memudahkan konsumen dalam memberikan informasi terkait produk yang dijualnya serta menyederhanakan metode pembelian yang mudah.

Originalitas_Penelitian ini hanya berfokus pada generasi Y atau disebut juga generasi millenial dengan tahun kelahiran antara 1980-1995
Jenis Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 428 - 433. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65
Section
Articles