Analisis Kepuasaan Keluarga Pasien pada Puskesmas Lembang Kab. Bandung Barat

  • Aliya Devi Ramadyta Universitas Teknologi Digital
  • Riyan Hadithya Universitas Teknologi Digital
Keywords: Keluarga Pasien, Kepuasan, Pelayanan

Abstract

Pelayanan merupakan hal yang sangat penting saat ini karena berhubungan dengan khalayak ramai yang memliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. Pelayanan kesehatan primer seperti yang diberikan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), memiliki peran krusial dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan tersebut adalah
tingkat kepuasan pasien dan keluarganya. Studi tentang kepuasan keluarga pasien dapat memberikan wawasan yang berharga bagi penyedia layanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif kepada keluarga pasien yang mengunjungi Puskesmas Lembang. Pengumpulan data dilakukan secara acak selama periode tertentu. . Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data primer melalui instrumen kuesioner yang disebarkan kepada keluarga pasien di berbagai pusat pelayanan kesehatan. Selain itu, data sekunder akan diperoleh dari literatur ilmiah dan studi terkait untuk memberikan dasar teoritis yang kuat bagi pengembangan model. Data yang terkumpul sebanyak 50 sampel dari keluarga pasien dan dianalisis menggunakan pendekatan statistik deskriptif untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan keluarga pasien.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar keluarga pasien di Puskesmas Lembang Kabupaten Bandung Barat memberikan penilaian positif terhadap pelayanan yang diberikan terutama pada skor jawaban tertinggi sebesar 4.10 yang mana artinya keamanan yang diberikan sudah baik dan hal ini mungkin menjadi faktor kepuasaan keluarga pasien terhadap pelayanan Puskesmas Lembang Kab. Bandung Barat.
Implikasi_Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasaan keluarga pasien dan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan kesehatan primer di Puskesmas Lembang Kabupaten Bandung Barat, untuk meningkatkan kepuasan pasien dan keluarganya. Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Devi Ramadyta, A., & Hadithya, R. (2024). Analisis Kepuasaan Keluarga Pasien pada Puskesmas Lembang Kab. Bandung Barat. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1231-1240. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.651