ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DITINJAU DARI PERENCANAAN DAN PENGADAAN OBAT DI PUSKESMAS BATUJAJA KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Dian Apriyani Universitas Teknologi Digital
  • Hamdan . Universitas Teknologi Digital
Keywords: Manajemen Pengelolaan Obat, Perencanaan, Pengadaan

Abstract

 Tujuan_Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah perencanaan dan pengadaan di Puskesmas Batuajajar sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dalam proses tersebut. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui bagaimana sistem manajemen pengelolaan obat di Puskesmas Batujajar, Mengetahui manajemen pengelolaan obat di Puskesmas Batujajar ditinjau dari tahapan perencanaan dan pengelolaan obat.
Desain/Metode_Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.
Temuan_Pengelolaan obat di Puskesmas Batujajar mengikuti metode konsumsi sedangkan Pengelolaan obat dalam hal pengadaan obat dilakukan secara eksklusif melalui Dinkes yang dilakukan setiap bulan, sementara perencanaan jangka panjang dilakukan selama satu tahun dengan menggunakan Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO) yang diajukan melalui Dinkes Implikasi_Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen, khususnya dalam manajemen rumah sakit yang melibatkan manajemen pengelolaan obat.
Originalitas_Menganalisis data dari berbagai jurnal ilmiah dan artikel, serta melakukan wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen.
Tipe Penelitian_Studi Empiris 

Published
2024-07-30
How to Cite
Apriyani, D., & ., H. (2024). ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DITINJAU DARI PERENCANAAN DAN PENGADAAN OBAT DI PUSKESMAS BATUJAJA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1260-1267. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.654