Analisis Penggunaan Aplikasi JadiASN Sebagai Alat Bimbingan Belajar Dalam Mempersiapkan Calon Aparatur Sipil Negara (Asn)

  • Moch Adit Ardiana Universitas Teknologi Digital
  • Ida Jalilah Fitria Universitas Teknologi Digital
Keywords: Aplikasi, , Bimbingan Belajar, Aparatur Sipil Negara

Abstract

Pemerintah Indonesia secara rutin mengadakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenuhi kebutuhan pegawai negeri di berbagai instansi. Persiapan yang baik sangat penting bagi calon ASN untuk menghadapi seleksi ini. Dalam era digital saat ini, aplikasi bimbingan belajar berbasis teknologi informasi telah menjadi populer dalam membantu para calon ASN mempersiapkan diri. Salah satu aplikasi yang telah dikembangkan oleh PT. Cerebrum Edukanesia Nusantara adalah JadiASN, yang dirancang khusus untuk membantu calon ASN dalam mempelajari materi-materi yang relevan dengan seleksi ASN. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, seperti modul pembelajaran interaktif, latihan soal, dan evaluasi kemampuan.
Tujuan_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas aplikasi JadiASN dalam membantu calon ASN mempersiapkan diri secara akademik, menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi JadiASN, dan menganalisis kendala atau tantangan yang dihadapi oleh pengguna dalam menggunakan aplikasi JadiASN.
Desain/Metode_Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif Temuan_Berdasarkan hasil penelitian aplikasi JadiASN menyediakan berbagai fitur unggulan antara lain seperti simulasi ujian, latihan intensif, personalized learning (pembelajaran yang dapat dipersonalisasi) dan penilaian kemampuan. Untuk menjaga kepuasan konsumen PT Cerebrum Edukanesia Nusantara proaktif menanggapi keluhan pengguna dengan cepat, untuk mencerminkan keberhasilan dalam memenuhi kepuasan pengguna akan layanan cepat dan instan. PT. Cerebrum Edukanesia Nusantara menghadapi beberapa hambatan dalam aplikasinya antara lain materi harus selalu up-to-date dan kurangnya pengajar atau mentor yang kompeten dapat menyebabkan pengguna merasa tidak mendapatkan bimbingan yang berkualitas.
Implikasi_Saran untuk pengembangan perusahaan diharapkan PT. Cerebrum Edukanesia Nusantara dapat memanfaatkan kemitraan strategis dengan berkolaborasi dengan lembaga pendidikan dan pemerintah dapat meningkatkan kredibilitas aplikasi untuk memperkuat implementasi aplikasi sebagai solusi pendidikan digital terkemuka.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Adit Ardiana, M., & Jalilah Fitria, I. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi JadiASN Sebagai Alat Bimbingan Belajar Dalam Mempersiapkan Calon Aparatur Sipil Negara (Asn). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1268-1273. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.655