Pengaruh Kualitas Produk Dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Fashion Uniqlo Di Kota Bandung)

  • Yunitri Choerunisa Universitas Teknologi Digital
Keywords: Green Price, Kualitas Harga, Minat Beli

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan green price terhadap minat beli konsumen melalui pada produk Uniqlo di Kota Bandung.
Desain/Metode_Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan metode kuantitatif yang dalam penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas dan uji reliability. Metode tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data dari responden yaitu konsumen yang belum pernah menggunakan dan memiliki potensi untuk membeli serta menggunakan produk dari objek yang dinilai. Penelitian ini melibatkan 150 responden dengan rentang usia 17 tahun ke atas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner angket dan total waktu yang digunakan untuk mengumpulkan data yang relavan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 29 dengan menguji uji validitas dan reliability, uji asumsi klasik, uji koefisien regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Temuan_penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dan bahwa green price berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 47,8%. Dengan begitu kualitas produk dan green price berpengaruh positif secara simultan dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara penggunaan variabel lain untuk mempengaruhi minat beli secara langsung dapat diusulkan oleh peneliti selanjutnya.
Implikasi_Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi pengelola pada objek yang dinilai, terkait perancangan green marketing yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Choerunisa, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Fashion Uniqlo Di Kota Bandung). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1274-1280. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.656