Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Bpjs Di Klinik Pratama Sahara Nur Rahmat Majalaya

  • Khoerunnisa Azzahra Universitas Teknologi Digital
  • Aris Rinaldi Universitas Teknologi Digital
Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, Klinik Sahara

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan klinik pada pasien BPJS di Di Klinik Pratama Sahara Nur Rahmat Majalaya. Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pasien BPJS Kesehatan merupakan persoalan pelayanan yang diberikan. Kualitas layanan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pasien.
Motode_Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku
yang diamati.
Temuan_Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa keseluruhan pasien BPJS dan kerluarga pasien merasa bahwa pelayanan yang ada di Klinik sudah cukup baik meskipun masih ada keluhan dari sebagian pasien.
Implikasi_Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan referensi terkait dengan kepuasan pasien dan ilmu yang terkait dengan kualitas pelayanan kesehatan. Bagi masyarakat dapat memberikan masukan demi tercapainya pelayanan Kesehatan pasien BPJS yang baik
Originalitas_Analisis data dilakukan dengan menggunakan observasi serta wawancara kepada pasien di Klinik mengenai kepuasan pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS. Serta menggunakan jurnal ilmiah dan artikel.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Azzahra, K., & Rinaldi, A. (2024). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Bpjs Di Klinik Pratama Sahara Nur Rahmat Majalaya. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1294-1301. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.658