Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z

  • Mutia Arda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dewi Andriany Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Media Sosial, Impulse Buying, Milenial

Abstract

Tujuan_Pergeseran konsumsi masyarakat Indonesia dari belanja off-line menuju belanja on-line ditandai dengan Indonesia termasuk dalam 10 besar negara Asia dengan pengguna internet terbanyak. Mayoritas pengguna internet saat ini adalah kaum muda yang disebut dengan generasi z. Produk fashion merupakan produk yang paling banyak dibeli secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z.

Metode Desain_Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100, dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui secara pasti maka penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Bernoulli (tingkat error sebesar 10%).Data yang diperoleh akan diolah secara kuantitatif menggunakan perangkat lunak SPSS dengan Factor Analysis. Sebagian besar responden merupakan perempuan yang berusia muda antara 18-21 tahun dengan jenis pekerjaan pada umumnya adalah mahasiswa yang telah melakukan pembelian produk fashion lebih dari 2 kali.

Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z, antara lain: Faktor 1 terdiri dari kualitas yang baik, harga terjangkau, akun di berbagai media, nyamandipakai, hemat, jaminan purnajual. Faktor2 terdiri postingan menarik, desain up to date, warnamenarik. Faktor 3 terdiri dari satu variabel saja yaitu promosi gencar.

Jenis Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 434 - 440. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.66
Section
Articles