Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (ePuskesmas) dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Puskesmas Gununghalu

  • Dede Ramdan Universitas Teknologi Digital
Keywords: penerapan sistem; manajemen; epuskesmas; SIM

Abstract

Puskesmas menggunakan ePuskesmas sebagai alat bantu pencatatan dan pelaporan. ePuskesmas adalah susunan orang dan peralatan yang menyediakan informasi untuk mendukung proses manajemen puskesmas dalam mencapai tujuan kegiatannya. Epuskesmas adalah mekanisme dasar pelayanan kesehatan berbasis komputer yang memastikan bahwa semua pelayanan kepada pasien terkomputerisasi secara online. Kesalahan dalam registrasi, pemeriksaan, rujukan, dan data laboratorium serta pengumpulan data yang lamban dan pencarian pasien merupakan masalah.
Dalam hal pengolahan data pasien, penggunaan sistem informasi manajemen puskesmas sangat bermanfaat karena dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pelayanan pasien, seperti kecepatan pelayanan yang lebih cepat, informasi yang lebih akurat, dan pencarian data yang lebih cepat. Melalui program ini, kinerja puskesmas dapat lebih ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang diterima pasien. Untuk menilai Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (ePuskesmas), Tujuan_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (ePuskesmas) dalam hal peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Gununghalu dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat ePuskesmas di Puskesmas
Gununghalu.
Desain/Metode_peneliti melakukan penelitian kualitatif menggunakan metode HOT Fit, yaitu dengan wawancara langsung kepada narasumber terkait.
Temuan_Berdasarkan hubungan antara manusia, organisasi, dan teknologi, ePuskesmas memiliki kualitas yang baik. Namun, terdapat keterbatasan ketersediaan sumber daya manusia dalam penggunaan aplikasi yang menyebabkan data tidak tersedia secara real-time.
Implikasi_Namun, keterbatasan tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pelayanan yang telah diberikan hingga tidak lagi terjadi penumpukan antrian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Ramdan, D. (2024). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (ePuskesmas) dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Puskesmas Gununghalu. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1355-1365. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.665