Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Timur

  • Andi Mursalim STIE NUSANTARA SANGATTA
Keywords: Disiplin, Motivasi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh disiplin, motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Timur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin, motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja, baik secara simultan dan parsial serta yang dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Timur. Permalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak dari disiplin, motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Timur.

Metode/Desain_Adapun ditentukan sebagai variabel independen adalah disiplin, motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja, sedangkan variabel dependen adalah prestasi kerja. Penelitiian ini mengambil sampel sebanyak 61 pegawai Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Kutai Timur dengan status pegawai tetap yang telah memiliki masa kerja satu tahun ke atas. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner yang telah dirancang khusus didukung pula dengan wawancara dan dokumentasi yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda yang diselesaikan melalui software SPSS.

Temuan_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin, motivasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai dan kepuasan kerja adalah yang dominan berpengaruh.

Jenis Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Mursalim, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Timur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 441 - 448. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.67
Section
Articles