PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN MCDONALD’S (STUDI KASUS PADA MAHASISWA KOTA BANDUNG DI MASA BOIKOT)

  • Tanti Eka Prasasti Universitas Teknologi Digital
  • Alda Ramadhika Universitas Teknologi Digital
Keywords: Boikot, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan_Dampak serangan Israel ke Palestina terasa secara global, khususnya pada ekonomi. Produk yang diasosiasikan dengan Yahudi dan dianggap berasal dari Israel banyak mengalami boikot di berbagai negara, termasuk Indonesia. Fenomena boikot ini menyebabkan kerugian yang signifikan. Salah satu restoran cepat saji yang terkena dampak dan ramai disuarakan oleh masyarakat adalah McDonald. Pada penelitian sebelumnya menyatakan bahwa aksi boikot ini mempengaruhi jumlah pembelian produk dan penurunan pendapatan di restoran McDonald’s.
Desain/Metode_Maka dari itu, penelitian ini akan memfokuskan pengaruh variabel citra merek terhadap variabel keputusan pembelian. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa aktif yang berada di Kota Bandung yang mengetahui McDonald’s dan mengetahui aksi boikot terhadap restoran McDonald’s. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling, dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner melalui g-form. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan regresi linier sederhana, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Hasil_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada restoran McDonald’s.
Tipe Penelitian_ Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Prasasti, T. E., & Ramadhika, A. (2024). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN MCDONALD’S (STUDI KASUS PADA MAHASISWA KOTA BANDUNG DI MASA BOIKOT). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1393-1401. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.670