PENGARUH HARGA SEWA TERHADAP KEPUTUSAN PENYEWAAN KONSUMEN MOBIL TRAVEL AMAZE ASIA (Studi Kasus di PT. Asa Hikmah Mandiri)

  • Muhamad Arya Sahrir Ramadani Universitas Teknologi Digital
  • Ady Tia Ramadhan Universitas Teknologi Digital
Keywords: Harga Sewa, Keputusan Penyewaan, Konsumen

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini memiliki tujuan untuk bagaimana harga sewa mobil Travel Amaze Asia di PT Asia Hikmah Mandiri dan mengetahui apakah harga sewa mempengaruhi terhadap keputusan penyewaan konsumen mobil Travel Amaze Asia PT Asa Hikmah Mandiri.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen dengan jumlah yang tidak diketahui (infinity) di PT. Asa Hikmah Mandiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling jenis accidental sampling. Didapatkan sampel sebanyak 40 orang konsumen di PT. Asa Hikmah Mandiri . Data didapatkan dengan observasi dan kuesioner. Data diolah dengan pengujian instrumen yang mencakup uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian pengujian data asumsi klasik yaitu mencakup uji normalitas dan uji linearitas, kemudian uji regresi linear sederhana, uji
determinasi, dan uji t.
Temuan_ PT Asa Hikmah Mandiri menerapkan penyesuaian harga sewa mobil yang bervariasi tergantung pada hari penyewaan dan golongan sosial penyewa. Harga sewa lebih mahal di akhir pekan karena permintaan cenderung lebih tinggi. Harga sewa juga disesuaikan berdasarkan tingkat pendapatan penyewa. Pelanggan dari kalangan menengah ke atas dikenakan tarif yang lebih tinggi karena diasumsikan memiliki daya beli yang lebih besar. Strategi ini bertujuan memaksimalkan keuntungan dengan menetapkan harga lebih tinggi pada periode permintaan tinggi dan untuk penyewa dengan kemampuan finansial lebih besar.
Implikasi_ Hasil penelitian menunjukkan harga sewa memegang peranan penting dalam menentukan apakah konsumen akan menerima produk atau tidak. Berdasarkan pada uji hipotesis yang telah dilakukan maka diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05
dan t hitung 3,521 > t tabel 2.024, dan nilai, sehingga artinya harga sewa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penyewaan. Koefisien determinasi atau R² sebesar 0.246 atau 24.6% yang mengandung arti keputusan penyewaan sebesar 24.6% dipengaruhi oleh harga sewa dan untuk sisanya yaitu sebesar 75,4% dipengaruhi oleh variabel lain yangtidak diteliti di dalam penelitian ini.
Tipe Penelitian_ Studi Empiris
Tujuan_ Penelitian ini memiliki tujuan untuk bagaimana harga sewa mobil Travel Amaze Asia di PT Asia Hikmah Mandiri dan mengetahui apakah harga sewa mempengaruhi terhadap
keputusan penyewaan konsumen mobil Travel Amaze Asia PT Asa Hikmah Mandiri.

Published
2024-07-30
How to Cite
Sahrir Ramadani, M. A., & Tia Ramadhan, A. (2024). PENGARUH HARGA SEWA TERHADAP KEPUTUSAN PENYEWAAN KONSUMEN MOBIL TRAVEL AMAZE ASIA (Studi Kasus di PT. Asa Hikmah Mandiri). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1402-1411. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.671