Analisis Sistem pendaftaran Online dan Offline Pasien Rawat Jalan Pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Rumah Sakit Umum Bina Sehat

  • Siskia Nur Aini Putri Universitas Teknologi Digital
  • Fransiska Agustina Universitas Teknologi Digital
Keywords: Sistem Pendaftaran, berbasis online melalui mobile JKN, pasien rawat jalan

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis sistem pendaftaran online dan offline pasien rawat jalan pada jaminan kesehatan Nasional rumah sakit umum bina sehat.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara kepada petugas. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 petugas rekam medis.
Temuan_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku manusia masih terdapat petugas yang berpendidikan terakhir SMA. Dalam segi fasilitas sudah memadai menggunakan komputer baru. Prosedur sistem pendaftaran sudah sesuai dengan SOP. Segi peralatan seperti mesin printer, mesin finger print, mesin cetak nomor antrian sudah memadai. Segi anggaran dana sudah terakomodasi dari operasional rumah sakit. Sistem pendaftaran online dan offline di Rumah Sakit Umum Bina Sehat yang dinilai dari segi perilaku manusia, fasilitas, peralatan, prosedur, dan ketersediaan dana sudah mumpuni akan tetapi masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Fasilitas pada sistem pendaftaran online perlu adanya perbaikan dan petugas harus cepat tanggap mengenai fasilitas yang mengalami kehambatan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis sistem pendaftaran online dan offline pasien rawat jalan pada jaminan kesehatan Nasional rumah sakit umum bina sehat.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara kepada petugas. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 petugas rekam medis.

Published
2024-07-30
How to Cite
Aini Putri, S. N., & Agustina, F. (2024). Analisis Sistem pendaftaran Online dan Offline Pasien Rawat Jalan Pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Rumah Sakit Umum Bina Sehat. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1412-1418. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.672