Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Surabi Haneut Lembang

  • Indra Gunawan Universitas Teknologi Digital
  • Aldy Santo Hegiarto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan primer manusia, termasuk di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis makanan tradisional. Surabi Haneut Lembang adalah warung legendaris di Lembang yang menyajikan Surabi sejak tahun 2002. Namun, warung ini mengalami penurunan jumlah pengunjung yang signifikan.

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Surabi Haneut Lembang.

Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data observasi jumlah pengunjung dari Januari hingga Mei 2024. Uji regresi dilakukan untuk menganalisis pengaruh variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 3.903 > t tabel 1.982 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 3.709 > t tabel 1.982 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Secara simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F hitung 17.065 > F tabel 3.08 dan nilai signifikansi < 0,001. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.242 menunjukkan bahwa 24.2% variabilitas kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan, sementara 75.8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Implikasi_Berdasarkan hasil ini, disarankan agar Surabi Haneut Lembang memperbaiki strategi harga dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Gunawan, I., & Santo Hegiarto, A. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Surabi Haneut Lembang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1459-1474. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.678