Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pt Pln Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah

  • Salamah . Universitas Teknologi Digital
  • Muhammad Sugiharto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Peran Manajemen Sumber Daya Manusia, Meningkatkan Kinerja Karyawan

Abstract

Latar Belakang Penelitian_ Peran manajemen sumber daya manusia sangat mempengaruhi dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Selain itu dari peran manajemen sumber daya manusia ini dapat dilihat seberapa besar karyawan dalam melakukan pekerjaan dan kompeten dalam bidang yang terdapat pada PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah tersebut. Selain itu terjadi peningkatan kinerja karyawan dengan peran manajemen sumber daya manusia dimana hal disebabkan dengan perubahan sistem dari Manajemen Sumber daya manusianya sendiri. Dengan berlandaskan terhadap peningkatan kinerja karyawan dalam bekerja sangat mengedepankan nilai-nilai manajemen sumber daya manusianya.
 Tujuan_ penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah.
 Tipe Penelitian _ Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). 
Metode Penelitian_ Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara dan pengisian kuisioner. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam teknik analisis data menggunakan cara berfikir induktif dan manfaat dalam penelitian ini sebagai bahan informasi mengenai pengembangan kinerja karyawan di Perusaahan Listrik. 
Temuan_ Hasil penelitian PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah menunjukkan bahwa Peran Manajemen Sumber Daya Manusia terbukti dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan. 
Implikasi_ Hal ini telah dibuktikan dengan terciptanya kinerja yang bagus dan dengan adannya dengan penerapan manajemen PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah yaitu dalam proses rekrutmen dan penyeleksian, pelatihan, serta kompensasi atau penghargaan yang diberikan kepada karyawan dan
penerapan nilai-nilai dalam Manjemen Sumber Daya Manusiannya.

Published
2024-07-30
How to Cite
., S., & Sugiharto, M. (2024). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pt Pln Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1492-1500. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.681