Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Senja Tari Kolot

  • Samsul Rizal Universitas Teknologi Digital
  • Muhammad Sugiharto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kualitas Pelayanan Karyawan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Senja Tari Kolot. Kualitas pelayanan karyawan diukur melalui dimensi seperti daya tanggap, komunikasi interpersonal, kesopanan, dan kemahiran teknis. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 135 responden yang merupakan pelanggan tetap dan karyawan Cafe Senja Tari Kolot. Analisis data menggunakan metode regresi untuk menguji hubungan antara variabel kualitas pelayanan pegawai dengan kepuasan pelanggan.
Temuan_Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Senja Tari Kolot. Daya tanggap muncul sebagai faktor paling penting yang mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan secara keseluruhan.
Implikasi_Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen Cafe Senja Tari Kolot untuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan karyawan dalam aspek kualitas layanan yang teridentifikasi. Mengembangkan karyawan dalam daya tanggap, komunikasi interpersonal, dan kesopanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, sehingga mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka di masa
depan.

Published
2024-07-30
How to Cite
Rizal, S., & Sugiharto, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Senja Tari Kolot. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1513-1522. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.683