Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran: Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Di Smp Negeri 2 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat

  • Muhamad Kamaludin Universitas Teknologi Digital
  • Fizi Fauziya
Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Abstract

SMP Negeri 2 Cipeundeuy merupakan salah satu organisasi pendidikan yang menjalankan tugas dalam penyusunan kebijakan teknis dan memberikan layanan pengajaran kepada siswa. Tujuannya adalah untuk pengembangan potensi dan mencerdaskan siswa-siswi agar siap menghadapi kehidupan di masa yang akan datang, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut faktor utama yang berperan adalah kualitas pendidik. Kinerja pendidik dalam
pelaksanaan program pendidikan seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran perlu dikaji lebih lanjut untuk memastikan agar prosesnya berjalan dengan efektif.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data deskriptif melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran selalu dipersiapkan setiap semester dan dirancang dengan metode yang cukup baik sesuai standar yang telah ditetapkan. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi yang memanfaatkan media pembelajaran, aturan kelas dibuat untuk membuat siswa tetap kondusif serta pengayaan dilakukan melalui bimbingan materi dan kegiatan ekstrakulikuler Implikasi_Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan tes secara verbal maupun tertulis, pelaksanaan remedial dilakukan dengan pemberian tugas dan latihan soal.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Kamaludin, M., & Fauziya, F. (2024). Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran: Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Di Smp Negeri 2 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1523-1531. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.684