Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia

  • Nurfitriani . Universitas 17 Agustus 1945
  • Catur Kumala Dewi Universitas 17 Agustus 1945
Keywords: nilai tukar, pertumbuhan PDB, harga minyak

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor makroekonomi terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Desain/Metode: Dengan menggunakan data time series bulanan dari Januari 2015 hingga Desember 2023, penelitian ini menerapkan metode regresi berganda untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel makroekonomi dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel makroekonomi yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap IHSG. Inflasi, suku bunga, dan depresiasi nilai tukar Rupiah ditemukan memiliki hubungan negatif dengan IHSG, sementara pertumbuhan PDB dan harga minyak dunia menunjukkan hubungan positif. Secara khusus, pertumbuhan PDB memiliki pengaruh paling kuat, di mana kenaikan 1% berkorelasi dengan peningkatan 3,2% pada IHSG
Implikasi: Temuan ini menegaskan pentingnya faktor makroekonomi dalam menentukan pergerakan harga saham di BEI dan memberikan implikasi berharga bagi investor, manajer portofolio, dan pembuat kebijakan Originalitas: Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika pasar modal Indonesia dalam konteks makroekonomi dan menyoroti perlunya mempertimbangkan faktor faktor ini dalam pengambilan keputusan investasi dan perumusan kebijakan ekonomi.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-08-11
How to Cite
., N., & Kumala Dewi, C. (2024). Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1550-1558. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.687