Dampak Penerapan Green Management untuk Meningkatkan Value Perusahaan

  • Rina Indrayani Universitas Teknologi Bandung
  • Herman Ruswan Suwarman Universitas Teknologi Bandung
Keywords: UMKM, Green Management, Value Perusahaan

Abstract

Tujuan : Penelitian ini berrujuan mengkaji dampak dari penerapan green management dalam meningkatkan value perusahaan. Harapannya dengan meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan, banyak perusahaan mulai menerapkan praktik green management untuk mencapai efisiensi operasional dan meningkatkan reputasi.
Desain/Metode :Penerapan green management telah menjadi fokus utama bagi perusahaan yang berusaha mencapai keberlanjutan dan meningkatkan nilai perusahaan.. Melalui tinjauan literatur yang mencakup penelitian dari tahun 2016 hingga 2023, Implikasi: Penelitian ini mengidentifikasi berbagai praktik green management yang dapat diterapkan oleh UMKM serta dampaknya terhadap kinerja finansial dan reputasi perusahaan. Beberapa studi menunjukkan bahwa integrasi strategi keberlanjutan yang efektif tidak hanya mengurangi dampak lingkungan tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional, daya saing, dan kepuasan pemangku kepentingan. 
Originalitas : Hasil penelitian ini memperkuat argumen bahwa green management berkontribusi signifikan terhadap peningkatan nilai perusahaan, dengan dukungan manajemen puncak sebagai faktor kunci dalam keberhasilan implementasi strategi ini. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi UMKM di Kota Bandung untuk mengadopsi green management sebagai bagian dari strategi bisnis mereka guna mencapai pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.
Tipe Penelitian: Studi empiris/literatur

Published
2024-07-30
How to Cite
Indrayani, R., & Ruswan Suwarman, H. (2024). Dampak Penerapan Green Management untuk Meningkatkan Value Perusahaan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1592-1597. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.691