Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pada PT. Istana Baladewa

  • Salimah Arif Nur Kamilah Universitas Teknologi Digital
Keywords: Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Penggajian

Abstract

Tujuan_ Penelitian dilakukan pada perusahaan PT Istana Baladewa dengan tujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penggajian pada PT. ISTANA BALADEWA.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dimana data   yang dikumpulkan dari observasi dan wawancara dijalin secara rumit ke dalam bentuk narasi yang mengintegrasikan aspek teoritis yang relevan dengan konteks penelitian. Dengan pendekatan ini, informasi yang terkumpul dibedah dengan cermat untuk mengeksplorasi perbandingan komprehensif dengan teori-teori yang berkaitan dengan masalah penelitian yang diselidiki.
Temuan_ PT. ISTANA BALADEWA, perusahaan produksi sarung dengan 232 tenaga kerja, menghadapi masalah dalam sistem penggajiannya. Efisiensi pengelolaan sistem penggajian perusahaan masih belum optimal. Hal ini terlihat dari kejadian-kejadian akibat kurang telitinya proses akuntansi terkait pemotongan gaji untuk pembayaran BPJS dan pemberian tunjangan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem informasi akuntansi penggajian pada PT. ISTANA BALADEWA, dengan harapan dapat menawarkan solusi terhadap tantangan yang dihadapi perusahaan.
Implikasil_ Bagian HRD mengawasi penggajian, tetapi pencatatan akuntansi belum memenuhi standar seperti jurnal umum, buku besar, dan laporan keuangan. Perusahaan masih menggunakan Microsoft Excel untuk pengelolaan data, menyebabkan kesalahan perhitungan gaji dan proses pengolahan data yang lambat. Sehingga mereka mulai menggunakan Microsoft Visual Basic untuk hasil yang maksimal dan meminimalisir adanya kesalahan kembali.
Originalitas_ Penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-08-11
How to Cite
Arif Nur Kamilah, S. (2024). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pada PT. Istana Baladewa. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 75-81. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.693