Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital

  • Siti Durohmah Universitas Teknologi Digital
  • O. Feriyanto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Gaya Hidup, Hedonisme, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme  terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Gaya hidup hedonisme ini dapat  mempengaruhi cara mahasiswa membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhannya.  Hedonisme sekarang banyak dianut oleh mahasiswa Indonesia. Untuk membuat  keputusan yang tepat tentang bagaimana dana yang dimiliki digunakan atau dialokasikan,  seseorang atau mahasiswa harus dapat mengelola keuangan mereka dengan cermat.  Saat ini, ketika kita mengunjungi kafe, mall, atau tempat wisata, pemandangan pertama  yang akan kita lihat adalah generasi muda yang terlibat dalam kegiatan dunia gemerlap  ota. Hal ini menyebabkan timbulnya gaya hidup hedon dan kegagalan pengelolaan  keuangan pada generasi muda karena mereka tidak tahu bagaimana mengatur dan   mengelola pendapatan dan pengeluaran mereka antara pendapatan yang didapat dan  pengeluaran yang telah dianggarkan dengan baik.

Desain/Metode_ Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif  deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : teknik penelitian  kepustakaan, teknik wawancara dan teknik kuesioner. Sampel yang digunakan pada  penelitian ini berjumlah 100 responden yaitu mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi  Digital. Alat Uji analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25. Metode  penelitian yang diterapkan oleh peneliti menggunakan metode regresi linear sederhana.  Sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner,  observasi dan wawancara. Kemudian hasil pada penelitian ini merupakan hasil analisis  data mulai dari validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, Uji Regresi linear sederhana, Uji  determinasi, hingga Uji T.

Temuan_ Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap  pengelolaan keuangan mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital. Nilai t-hitung  > t-tabel (6,614 > 1,984) dan signifikansi p – value < level of significant (0,000 < 0,005) R  = 0,301, artinya dapat disimpulkan bahwa 30,1% Pengelolaan Keuangan Mahasiswa  Jurusan Manajemen Universitas Teknologi Digital dipengaruhi oleh faktor Gaya Hidup  Hedonisme. Sedangkan sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak  termasuk ke dalam penelitian ini.

Implikasi_ Hasil penelitian ini mahasiswa diharapkan untuk mampu mengontrol gaya  hidup hedonis dengan mengubah mindset konsumtif menjadi produktif, menyadari bahwa  hidup bukan tentang bersenang-senang saja, mencatat setiap pengeluaran dan  pemasukan, dan mengurangi penggunaan kartu kredit. Hal ini bertujuan agar mahasiswa  mampu untuk mengelola keuangan agar dapat mencapai tujuan keuangan yang telah  direncanakan.

Originalitas_ Analisis data dilakukan dengan menggunakan buku, jurnal, artikel serta  melakukan observasi, wawancara dan menggunakan kuesioner kepada mahasiswa  jurusan Manajemen 2020 - 2023 Universitas Teknologi Digital.

Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-08-23
How to Cite
Durohmah, S., & Feriyanto, O. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1050-1060. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.696