Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi UKM Dan Ekonomi Kreatif

  • Andreas Y Sutrisno STIE NUSANTARA SANGATTA
  • Saiful Saiful STIMI SAMARINDA
  • Linda Duma STIE NUSANTARA SANGATTA
Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi Kerja

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi kerja pada dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kutai Timur. Sumber data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder.

Desain/Metode_Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui pendistribusian kuesioner yang diisi langsung oleh seluruh pegawai dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kutai Timur, sedangkan data sekunder didapat dari catatan dari pihak lain di dalam lingkup dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kutai Timur yang termasuk dalam responden pengisian kuesioner. Data diolah menggunakan regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner mengenai gaya kepemimpinan demokratis dan motivasi kerja, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Skala pengukuran menggunakan skala Likert 10 poin dan menggunakan jumlah sample 50 responden. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode Slovin.

Temuan_Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi kerja pada dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kutai Timur. Gaya kepemimpinan demokratis merupakan pengaruh dominan mempengaruhi motivasi kerja pegawai.

Tipe penelitian_Studi empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Sutrisno, A., Saiful, S., & Duma, L. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi UKM Dan Ekonomi Kreatif. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 498 - 504. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.74
Section
Articles