Pengaruh Disiplin dan Stres Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pandu Siwi Sentosa di Kabupaten Kutai Timur

  • Hasmah Hasmah STIE NUSANTARA SANGATTA
  • Anwar Arifin STIE NUSANTARA SANGATTA
  • Indah Purnama Sari STIE NUSANTARA SANGATTA
Keywords: Disiplin, Stres, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan  stres terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama dan secara parsial pada PT. Pandu Siwi Sentosa Sangatta di Kabupaten Kutai Timur. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.

Desain/Metode_Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier dengan bantuan software program SPSS.

Temuan_Hasil penelitian ini antara lain disiplin dan stres secara bersamasama berpengaruh cukup signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pandu Siwi Sentosa Sangatta di Kabupaten Kutai Timur. Sedangkan kontribusi variabel disiplin dan stres secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 58,5% dan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi/ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini. Sedangkan secara parsial variabel disiplin dan stres berpengaruh cukup signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pandu Siwi Sentosa Sangatta di Kabupaten Kutai Timur. Kontribusi secara
parsial variabel disiplin memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 35,2% sedangkan variabel stres memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 23,3%. Dengan demikian secara parsial variabel disiplin merupakan variabel yang dominan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Pandu Siwi Sentosa Sangatta di Kabupaten Kutai Timur dibandingkan dengan variabel stres.
Tipe penelitian_Studi empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Hasmah, H., Arifin, A., & Sari, I. (2019). Pengaruh Disiplin dan Stres Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pandu Siwi Sentosa di Kabupaten Kutai Timur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 513 - 523. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.76
Section
Articles