Studi Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 03 Tahun 2008 Dalam Merevitalisasi Pasar Wlingi Kabupaten Blitar

  • Ajeng Putri Nur Islami Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
Keywords: Revitalisasi Pasar Tradisional, Implementasi Kebijakan, Kebijakan Publik

Abstract

Tujuan_Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar.

Desain/Metode_Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yakni dengan mendeskripsikan proses implementasi kebijakan serta permasalahan yang ada di konteks implementasi tersebut.

Temuan_Secara garis besar pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional khususnya Pasar Wlingi sudah berjalan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari faktor pendukung yang menjadi indikator keberhasilan pelaksaan program revitaliasi Pasar Wlingi yang pertama, membahas Content of policy yang ingin dijelaskan adalah bahwa perubahan yang diinginkan oleh pemerintah dalam merevitalisasi pasar tersebut untuk mewujudkan sinergi yang saling kuat antara pasar tradisional dengan pasar modern, standar dan sasaran dari program revitalisasi pasar Wlingi sudah cukup baik. Kedua, Context of Implementation dalam pelaksanaannya, program ini juga tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, lingkungkan dan juga aktor yang terlibat seperti Dinas Perindustrian dan Perdaganagan, Kantor Pengelola Pasar Wlingi, Pedagang, Masyarakat/Pembeli. Maka Program revitalisasi pada Pasar Wlingi akan berjalan sesuai dengan kebijakan yang ada.

Tipe Penelitian_Kajian empiris

Published
2019-03-31
How to Cite
Nur Islami, A. (2019). Studi Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 03 Tahun 2008 Dalam Merevitalisasi Pasar Wlingi Kabupaten Blitar. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 571 - 577. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.83
Section
Articles