Latar Belakang Keluarga Wirausaha dan Niat untuk Berwirausaha

  • Ida Asri Pertiwi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Tri Siwi Agustina Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
Keywords: Latar Belakang Keluarga, Niat Untuk Berwirausaha, Perceived Feasibility, Perceived Desirability

Abstract

Tujuan_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga terhadap niat untuk berwirausaha, untuk kemudian menemukan bagaimana latar belakang keluarga dijelaskan sebagai bentuk pengaruh antargenerasi terhadap niat untuk berwirausaha. Tumbuh di tengah aktifitas wirausaha membuat individu yang berasal dari keluarga wirausaha memiliki kesempatan untuk mengembangkan persepsi mengenai feasibility dan desirability untuk berwirausaha, yang akan mengakibatkan tindakan wirausaha. Karenanya selain untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga terhadap niat untuk berwirausaha, penelitian ini juga untuk mengetahui apa perceived feasibility dan perceived desirability, memberikan efek pada pengaruh latar belakang keluarga terhadap niat untuk berwirausaha.

Desain/Metode_Penelitian dilakukan dengan metode eksplanatori survey dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.

Temuan_Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung dan tidak langsung yang signifikan dari latar belakang keluarga terhadap niat untuk berwirausaha, melalui perceived feasibility dan perceived desirability.

Implikasi_Direkomendasikan untuk orang tua pelaku wirausaha untuk mengenalkan perilaku kewirausahaan sejak dini pada anak-anaknya guna meningkatkan perceived feasibility dan perceived desirability yang berujung pada niat untuk berwirausaha.

Originalitas_Pembeda penelitian ini dari penelitian yang dilakukan sebelumnya adalah terletak pada subyek penelitian. Subyek pada penelitian ini adalah anak-anak dari keluarga wirausaha, sedangkan penelitian-penelitian sebelumnya menggunakan subyek penelitian siswa SMK dan mahasiswa.

Published
2019-03-31
How to Cite
Pertiwi, I., & Agustina, T. (2019). Latar Belakang Keluarga Wirausaha dan Niat untuk Berwirausaha. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 578 - 590. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.84
Section
Articles