Orientasi Pasar Pada UMKM Di Kabupaten Karawang

  • Hartelina Hartelina Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Antar Fungsi, Fokus Laba Jangka Panjang

Abstract

Tujuan_ penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis tingkat orientasi pasar pada UMKM di Kabupaten Karawang.

Desain/Metode_ Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data diambil melalui kuesioner yang disusun dengan 5 opsi jawaban menggunakan skala likert. Responden penelitiannya adalah pemilik usaha atau pimpinan UMKM. Jumlah sampel sebanyak 250 UMKM yang di tentukan dengan metode purposive sampling.

Temuan_ Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat orientasi pasar UKMK di Kabupaten Karawang secara keseluruhan berada dalam kategori tinggi. Artinya UMKM di Kabupaten Karawang memiliki perhatian pada kebutuhan pelanggan, memandang persaingan secara positif, secara internal memiliki fungsi manajerial yang berkoordinasi dengan baik, serta berorientasi pada laba jangka panjang. Hal ini modal yang cukup baik UKMK di Kabupaten Karawang untuk dikembangkan.

Implikasi_ Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi awal untuk menyusun kebijakan dan strategi pengembangan UMKM dimasa yang akan datang Originalitas_ Merupakan kajian awal mengenai Orientasi Pasar pada UMKM di Kabupaten Karawang.

Tipe Penelitian_ Studi Empiris

Published
2019-03-31
How to Cite
Hartelina, H. (2019). Orientasi Pasar Pada UMKM Di Kabupaten Karawang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 699 - 714. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.96
Section
Articles