Analisis Pemberian Kompensasi pada PT BPR Karyajatnika Sadaya Bandung Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

  • Eka Purwanda STIE STEMBI Bandung
  • Doni Setiawan STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kompensasi, Kinerja, Karyawan

Abstract

Tujuan_ Untuk mengetahui pemberian kompensasi yang dilakukan PT BPR Karyajatnika Sadaya Bandung dalam meningkatkan kinerja karyawan.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan dengan informan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaksi Miles dan Huberman.
Temuan_ Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu sistem pemberian insentif pada PT BPR Karyajatnika menggunakan sistem IMS (Incentive Management System) yang sesuai dengan Standar Operating Procedur (SOP) perusahaan. Pemberian insentif yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan kemampuan setiap karyawan ASPR (Area Sales Promotion Representative) dalam mencapai hasil target pemasaran simpanan dan target pemasaran pembiyaan. Perhitungan insentif karyawan didasarkan atas besarnya pencapaian asset.
Implikasi_ Hasil penelitian menunjukan PT BPR Karyajatnika Sadaya telah melakukan sekaligus menerapkan kompensasi yang cukup baik dan bermanfaat bagi para karyawannya, walaupun penerapan dan pemberian kompensasi yang dilakukan tidak lengkap dan tidak dapat dirasakan oleh beberapa karyawan namun pemberian kompensasi yang ada sekarang sudah cukup menambah semangat karyawannya dengan adanya pemberian upah lembur, bonus, gaji, serta tunjangan.
Originalitas_ Penelitian ini dilakukan langsung ke objek penelitian, melakukan wawancara dengan staff perusahaan yang diteliti sehingga originalitas terjamin.
Tipe Penelitian_Studi Empiris dan Studi Literatur

Studi empiris dilakukan untuk mendapatkan data tertulis maupun lisan yang dilakukan melalui wawancara dengan narasumber. Studi Literatur yang menjadi landasan teoritis dalam penelitian ini berasal dari buku-buku, jurnal dan media publikasi online guna mendukung penelitian ini.

Published
2022-03-17
How to Cite
Purwanda, E., & Setiawan, D. (2022). Analisis Pemberian Kompensasi pada PT BPR Karyajatnika Sadaya Bandung Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 515-523. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.402
Section
Articles