Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Dan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung
Abstract
Tujuan Penelitian tersebut bertujuan guna mendapati beberapa masalah
atau kekurangan RSUD Kota Bandung dalam melayani pasien, dan juga
beberapa insiden yang terjadi, serta bagaimana strategi dan upaya RSUD
Kota Bandung menyikapi hal tersebut.
Desain/Metode Metode yang dipakai yakni tekhnik penelitian kualitatif
melalui pendekatan deduktif. Jenis penelitian yakni deskriptif analitis. Teknik
penghimpunan data yang dipakai ialah observasi, wawancara serta
dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yakni reduksi data, display
data, serta verifikasi serta kesimpulan.
Temuan Temuan utama dari penelitian tersebut yakni skema dalam
meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien, serta kasus
keselamatan pasien yang terjadi di RSUD Kota Bandung.
Implikasi RSUD Kota Bandung memiliki mutu pelayanan yang masih kurang
dalam melayani kebutuhan pasien, karena itu RSUD Kota Bandung
melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan proses
Akreditasi dan lulus Paripurna, serta melakukan beberapa strategi untuk
mendukung pelayanan yang lebih baik.
Originalitas Terdapat beberapa kasus keselamatan pasien dan kekurangan
RSUD Kota Bandung serta strategi yang ditempuh dalam mengatasi hal
tersebut.
Tipe Penelitian Studi Literatur
References
NUSANTARA. Jurnal Maneksi, 500.
Dewi, Y. K., Padmalia, M., Tanain , S. V., & Gunawan, F. A. (2022). Manajemen Stratejik. CV Jejak
(Jejak Publisher).
Herna Hartati, Ida Faridah, & A.Y.G Wibisno. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN
PENERAPAN MAHASISWA. STIE Trianandra.
Mangindara, SKM., M.Kes, Suci Rahmadani, SKM., M.Kes, & Sri Devi, S.Kes. (2022). Manajemen
Jaminan Mutu Kesehatan. Feniks Muda Sejahtera.
Solehudin, Susanto, W. H., Avia, I., Hasniati, & Lalla, N. S. (2023). Pencegahan Dan Pengendalian
Infeksi (PPI). Global Eksekutif Teknologi.