Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Produk Hasil Laut Di Pasar Ikan Modern Sabilulungan Soreang
Abstract
Tujuan_ Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui apakah preferensi konsumen
berpengaruh terhadap bauran pemasaran pengelola Pasar Ikan Modern
Sabilulungan, Soreang, Bandung.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara yang berfokus pada
preferensi konsumen terkait ikan hasil laut dan tindakan bauran pemasaran
Temuan_ Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi konsumen dalam
berbelanja dipasar ikan modern sabilulungan mempertimbangkan harga
yang terjangkau dan lokasi yang mudah diakses. Serta dalam rangka
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen pihak pengelola Pasar Ikan
Modern Sabilulungan melakukan strategi bauran pemasaran berupa
himbauan untuk menjaga kualitas produk dengan harga bersaing dan
terjangkau, senantiasa memenuhi kebutuhan dan keinginan serta
kenyamanan konsumen.
Implikasi_ Penelitian ini memberikan informasi berharga bagi pedagang ikan
dan pengelola pasar ikan untuk memahami preferensi konsumen dan
memenhi kebutuhan mereka. Dengan memperhatikan preferensi konsumen,
pedagang dan pengelola dapat meningkatkan penjualan ikan hasil laut
mereka dengan menyediakan ikan yang bervariasi, harga dan lokasi yang
sesuai dengan harapan konsumen.
Originalitas_ Mencegah terjadinya penurunan kepuasan guru terhadap
sekolahmemerlukan strategi dari Kepala Sekolah dalam memajukan sekolah
Tipe Penelitian_Studi Empiris
References
Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Azmansyah dan Emkhad. 2017. Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sumber Fnansial Di
Kecamatan Marpyan Damai Pekanbaru Riau. Jurnal Ekonomi KIAT. Vol. 28. No. 2.
Bonodikun, Putri dan Budiyanto. 2014. Preferensi Konsumen Ikan Laut Segar Bengkulu Atas Brand
Equity Sebagai Jaminan Kualitas Produk. Jurnal Agrisep.
Gazali, Muhammad. 2016. Preferensi Konsumen Terhadap Produk Hasil Laut (Studi Kasus Seafood
Mjm Kota Palu, Sulawesi Tengah). Jurnal Perikanan Tropis.
Guleria dan Parmar Y. S. 2015. A Study Of Consumer Preference For Smartphone: A Case Of Solan
Town Of Himachal Pradesh. International journal of management research & review. 5. 193-
200.
Husein, Umar. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Isoraite, Margarita. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of ResearchGranthaalayah. 4(6), 25-37.
Kotler, P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.
Kotler, P.T., Keller, K.L., Brady, M., Goodman, M., Hansen, T. 2019. Marketing Management.
Singapore: Pearson Education.
Mutia, Gustiana dan Silvia. 2022. Analisis Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Ikan Bandeng Di Kecamatan Seruway Kab. Aceh Tamiang. Jurnal Inovasi
Penelitian.
Noventi dan Dadang. 2014. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di
Kota Bandung: Jurnal Manajemen Indonesia. Vol. 14. No. 2.
Prof. Dr. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Syahida, Nuri dan Rifiana. 2015. Preferensi Konsumen Terhadap Ikan Tawar Dan Ikan Laut Di Pasar
Tradisional Bauntung Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis Pedesaan.
Wardhana, Aditya. 2021. Manajemen Pemasaran (Dasar dan Konsep). Bandung : Cv. Media Sains
Indonesia