Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handbody Lotion Viva Survei Pada Konsumen Cirebon

  • Lili Karmela Fitriani Universitas Kuningan
  • Shepia Putri Al Fisyahr Universitas Kuningan
  • Winda Oktaviani Universitas Kuningan
Keywords: experientialmarketing, kualitasproduk, harga, keputusanpembelian

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential
marketing, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian
handody lotion Viva di Cirebon.
Desain/Metode_Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan metode survei. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPPS
versi 26. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, hasil uji instrumen
menyatakan bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini valid dan
reliabel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Temuan_Dari hasil uji validitas, semua item pertanyaan memiliki nilai korelasi positif dan sig lebih besar dari 0,05. Hal ini berarti bahwa semua instrumendalam penelitian ini adalah valid. Begitu pula, hasil uji reliabilitas
menunjukkan semua variabel memiliki nilai koefisien Alpha Cronbach lebih besar dari 0,6 yang artinya bahwa seluruh instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabel.
Implikasi_Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Experiential marketing,
kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. (2) Experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian, (3) Kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (4) Harga berpengaruh negatif
terhadap keputusan pembelian.
Originalitas_Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

Adewoye, J., Ayo CK., Oni AA., Adebiyi AA. 2011. The impact of IT Investment on service delivery: a case study of Ladoke Akintola University. Journal of Emergin Trends in Educational research and policy Study (JETERAPS). Vol 2 (1) pp 60-66.
Andi. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.
Arianty, N., Jasin,H., Khodri, P. L., & Christina. (2016). Manajemen Pemasaran.
Arikunto, S. (2006). Hipotesis Penelitian. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Best, Roger J. 2005. Market-Based Management. Strategies For Growing Customer Value And Profitability. Fourth edition. Pearson International education
Certo, Samuel C., S. Trevis Certo. 2009. Modern Management Cocept and Skills. Eleventh Edition. Prentice hall.
Dharmesta, & Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 441–469.
Fillah, A., & Fitria, S. E. (2018). The Effect Of Promotion, Price, Quality Of Products, and Brand Image On Indihome Purchase Decisions (Case Study Of Pesona Bali Residence , Bandung) Innovation In Companies Makes Companies More Developed and Able To Compete In The Market. E-Proceeding of Management, 5(3), 3245–3252.
Gaspersz, V. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Akbar, I., Gunawan, W. H., & Maulana, Y. (2021). Analysis of The Effect of Service Quality and Price Perception on Customer Loyalty with Customer Satisfaction Variables as intervening variables.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan (13th ed.). Rajawali.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009a). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Nugroho, A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS. Andi Offset.
Priyatno, D. (2010). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Andi Offset.
Ratih, Kusuma Dewi., Srikandi Kumadji., & M. Kholid Mawardi. Pengaruh EXPERIENTIAL MARKETING Terhadap Keputusan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu)
Rawung, D. R., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. S. B. (2015). Analisis Kualitas Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada PT Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 1298–1308.
Sangadji, E. ., & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen:Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Andi Offset.
Saputro, R. M., & Kamal, M. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Grand Panorama Resto Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 4(2), 1–14.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Salemba Empat.
Silaban, B. E., & Rosdiana, D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Online Shop Sociolla. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 202–224.
Singarimbun, S., & Efendi. (1995). Metode Penelitian Survey. PT Pustaka LP3ES.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta,cv.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. PT Refika Aditama.
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi Offset.
Published
2023-08-26
How to Cite
Fitriani, L., Al Fisyahr, S., & Oktaviani, W. (2023). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handbody Lotion Viva Survei Pada Konsumen Cirebon. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 631 - 638. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.493
Section
Articles